Cerita Tentang Mitos dan Legenda yang Menyelimuti Gunung Pancar

Cerita Tentang Mitos dan Legenda yang Menyelimuti Gunung Pancar

Gunung pancar yang menjulang megah terdapat di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor. Tidak hanya itu tempat ini di kenal sebagai destinasi alam yang sangat menawan. Namun di balik panorama keindahan alamya yang memesona, terselip kisa-kisah mistis yang menjadi bahan pembicaraan warga setempat di Gunung Pancar.

Salah satu mitos yang paling dikenal tentang “Pohon Keramat”. Konon dipuncak Gunung Pancar ini terdapat pohon kuno yang diyakini memiliki energi mistis dan dapat memberikan keberuntungan bagi siapa pun yang medekatinnya. Meskipun tak dapat dipastikan keberandaanya, cerita tentang pohon kermat serta cerita mistis lainnya, banyak sekali mengakar kuat dikalangan masyarakat sekitar.

Simak Mitos dan Legendam Gunung Pancar

  • Makam Keramat

Gunung Pancar ini dianggap sebagao tempat makam dari beberapa tokoh sejarah terkenal, seperti Mbak Kalijaga, Mbah Raden, Surya Kencana, Ki Mas Manggala, Ki Mas Bungsu, Mbah H. Dalem Putih, Mbah Raden Balungtunggal dan Mbak Raden Lawulung. Keberadaan makam-makam keramat ini memberikan nuansa horor pada gunung ini.

  • Benda Pusaka

Masyarakat meyakini bahwa Gunung ini menyimpan banyak sekali pusaka bersejarah, seperti cincin, tombak, keris dan benda-benda peninggalan kerjaan zaman dahulu. Bahkan pada hari-hari tertentu, gunung ini dikatakan memancarkan cahayya terang yang berasal dari Besi Koneng. Sebuah pusaka yang diyakini sebagai peninggalan salah satu tokoh sakti yang dimakankan disana.

  • Pusat Kerjaan Makhluk Ghaib

Gunung ini dipercayai sebagai pusat kerjaan seluruh makhluk gaib. Legenda menyebutkan bahwa hari kiamat, semua makhluk gaib akan berperang dan kerjaan makhluk gaib yang memerintah di puncak Gunung akan memenagkan peperangan tersebut.

  • Asal-usul Nama “Pancar”

Meskipun banyak sekali yang mengiran bahwa nama “Pancar” berasal dari sorotan cahaya, namun menurut warga setempat, “Pancar” memiliki makna pasak, Tonggak, atau Pancer. Yang artinya gunung ini dianggap, sebagai tonggak yang menjaga stabilitas bumi yang kita huni.

  • Pesugihan Gunung Pancar

Gunung ini juga terkenal dengan pesugihan yang diyakini dapat mendatangkan kekayaan dan pesona yang kuat terhadap sesama lawan jenis.

Namun pelaku pesugihan harus mendapatkan benda pusaka dari kerjaan atau tokoh zaman dulu digunung tersebut.

Baca Juga : Kisah Nyata Dua Anak Kembar Yang Hidup Setelah Mati

error: Content is protected !!