5 Misteri Sejarah yang Akhirnya Terungkap (Part 2)

5 Misteri Sejarah yang Akhirnya Terungkap

Didunia ini banyak sekali misteri yang selalu menjadi tanda tanya besar bagi umat manusia. Misteri aneh yang tidak bisa diungkapkan dengan ilmu pengetahuan itu selalu menjadi bahan perdebatan sepanjang masa. Namun ada kalanya misteri yang terkubur selama berabad-abad itu akhirnya terpecahkan juga di masa sekarang

Simak Deretan Misteri Sejarah Kelam yang Terungkap

Tentara Cambyses II yang Hilang

Pada 524 SM, tentara Raja Persia Cambyses II berperang melawan orang Etiopia. Lebih dari 50.000 tentara pergi untuk menaklukkan Etiopia, tapi semuanya lenyap tanpa bekas. Hanya menyisakan legenda.

Baru akhir-akhir ini para ilmuwan Angelo dan Alfredo Castiglioni berhasil menemukan sisa-sisa tentara legendaris Cambyses II. Ternyata selama 13 tahun berperang, para tentara Cambyses II tidak hanya menghilang namun terbunuh dalam badai pasir yang dahsyat.

 Kepala Bosham

Bahkan temuan yang paling bisa diperdebatkan pun dapat diidentifikasi dengan menggunakan teknologi modern. Misalnya, Kepala Bosham. Yang tidak memiliki nama selama 2 abad karena kondisinya yang buruk.

Pemindaian laser baru-baru ini membantu mengidentifikasi kepala seberat 158 kilogram itu sebagai salah satu patung besar Kaisar Romawi Trajan.

Patung itu diperkirakan dibuat untuk memuji wisatawan di pelabuhan Chichester, sementara kepala itu sendiri telah menjadi salah satu peninggalan terpenting Romawi Inggris.

Batu Berjalan di Death Valley

Selama berabad-abad, batu-batu di Death Valley, California, dikenal angker karena bisa bergerak dengan sendirinya begitu hari berganti pagi.

Tidak ada penjelasan mengenai fenomena itu sampai Ralph Lorenz membuktikan, batu bergerak sendiri karena ada cangkang es yang terbentuk di sekitar batu di musim dingin. Saat mencair, batuan mulai meluncur karena dorongan angin.

Baca Juga : 5 Misteri Sejarah yang Akhirnya Terungkap (Part 1)

Kuburan Richard III yang Hilang

Kuburan Richard III dianggap hilang dan jenazahnya terlempar ke sungai saat gereja tempat dia dimakamkan dibeli oleh seorang pengusaha. Namun ilmuwan dari Universitas Leicester akhirnya bisa menemukan kuburannya. Dan tes DNA menunjukkan bahwa jenazah yang mereka temukan memang milik Richard III.

Kru Mary Celeste yang Hilang

Mary Celeste adalah kapal hantu terkenal yang ditemukan pada tahun 1872. Tanpa ada jejak kru atau penyebab kerusakannya.

Ahli kimia Dr Andrea Sella melakukan eksperimen yang menjelaskan fenomena itu. Ada sekitar 1.700 barel alkohol di kapal kargo yang bisa terbakar dan membuat “ledakan tak terlihat,” di mana dinding api diikuti oleh gelombang udara dingin, sehingga tidak meninggalkan api atau jelaga. Para kru bisa saja meninggalkan kapal dan tewas di laut.

error: Content is protected !!