3 Cerita Misteri Gunung Arjuno, Makin Terasa Mistis dan Keramat

3 Cerita Misteri Gunung Arjuno, Makin Terasa Mistis dan Keramat

Gunung Arjuno tergolong gunung yang sangat populer bagi para pendaki. Ketinggiannya mencapai 3.339 mdpl di Indonesia. Dikawasan Jawa Timur, Gunung Sumeru menduduki posisi pertama sebagai gunung tertinggi. Tak hanya itu, pemadangan alam yang begitu menakjubkan, Gunung Arjuno juga menyunguhkan vibes mistis yang kadang membuat pendaki merinding. Namun vibes mistis gunung Arjuno sangat mampu menjadi daya tarik yang membuat penasaran.

Daripada Makin Penasaran, Simak Daftar Mistis Dari Gunung Arjono!!

1. Legenda Roro Jonggrang

Cerita pertama yang terkait dengan Gunung Arjuno adalah legenda Roro Jonggrang. Menurut legenda ini, Roro Jonggrang adalah seorang putri cantik yang tinggal di sebuah kerajaan di sekitar Gunung Arjuno. Ia menolak lamaran dari Bandung Bondowoso, seorang pangeran dari kerajaan tetangga. Karena merasa ditolak, Bandung Bondowoso marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah candi.

Hingga saat ini, candi tersebut dikenal dengan nama Candi Prambanan. Konon, jika seseorang menghitung jumlah candi di Prambanan dan mencapai angka seribu, maka Roro Jonggrang akan muncul dan mengutuknya. Hal ini membuat Gunung Arjuno terasa mistis dan keramat karena adanya legenda yang berkaitan dengan candi yang ada di sekitarnya.

2. Hantu Kuntilanak

Cerita kedua yang terkait dengan Gunung Arjuno adalah keberadaan hantu kuntilanak. Konon, hantu kuntilanak sering muncul di sekitar Gunung Arjuno pada malam hari. Beberapa pendaki gunung yang pernah mengalami kejadian ini mengaku mendengar suara tangisan bayi di tengah malam, namun saat mencari sumber suara, tidak ada apapun.

3. Makam Syekh Siti Jenar

Cerita ketiga yang terkait dengan Gunung Arjuno adalah makam Syekh Siti Jenar. Syekh Siti Jenar adalah seorang tokoh sufi yang terkenal di Jawa pada abad ke-16. Konon, makamnya berada di sekitar Gunung Arjuno dan menjadi tempat ziarah bagi orang-orang yang ingin mencari berkah.

Namun, ada juga cerita misteri yang berkaitan dengan makam Syekh Siti Jenar. Beberapa orang mengaku melihat sosok Syekh Siti Jenar berjalan di sekitar makam pada malam hari. Selain itu, ada juga yang mengaku mendengar suara dzikir dan semacam ritual yang dilakukan di sekitar makam. Hal ini membuat Gunung Arjuno semakin terasa mistis dan keramat bagi mereka yang percaya akan kekuatan spiritual.

Gunung Arjuno memiliki cerita-cerita misteri yang membuatnya semakin terasa mistis dan keramat. Bagi para pendaki atau pengunjung yang tertarik dengan cerita-cerita misteri, Gunung Arjuno adalah tempat yang menarik untuk dieksplorasi.

Baca Juga : 3 Deretan Pulau yang Angker di Indonesia (Part 2)

error: Content is protected !!