Kisah Menyeramkan Dibalik Sosok Hantu Kuntilanak

Kisah Menyeramkan Dibalik Sosok Hantu Kuntilanak

Kuntilanak merupakan salah satu dari sekian banyak hantu/makhluk halus asal Indonesia yang hingga saat ini masih banyak dipercayai. Kata Kutilanak berasal dari kata “kutu” yang memiliki arti anak dan ” lanang ” yang memiliki arti laki-laki.

Meskipun berarti anak laki-laki namun kuntil anak sering di gambarkan sebagai seorang hantu wanita dengan rambut panjang dan wujud yang menyeramkan.

Banyak warga percaya bahwa Kuntilanak adalah arwah gentayangan dari seorang wanita yang meninggal saat hendak melahirkan. Disisi lain ada juga yang mengatakan bahwa Kuntilanak adalah arwah dari anak.

Yang tidak lahir sempurna atau bahkan sosok wanita yang kematian nya tidak wajar seperti bunuh diri atau korban pembunuhan.

Digambarkan sebagai hantu wanita dengan kulit pucat , rambut panjang serta mata merah dengan tatapan tajam. Kuntilanak juga memiliki kebiasaan menakuti warga yang lewat di area sepi seperti kuburan atau hutan.

Diceritakan bahwa Kuntilanak akan memperlihatkan wujud cantik untuk menarik perhatian orang. Dan menunjukan sisai menyeramkanya ketika orang tersebut terjebak.

Baca Juga : Deskripsi Talk To Me Film horor Terseram 2023

Cerita dari Kuntilanak banyak di angkat dalam novel, film horror dan karya seni lainnya. Meskipun hanya sebatas mitos namun kepercayaan yang dimiliki masyarakat Indonesia terhadap hantu yang satu ini sangat tinggi dan menjadi bagian dari budaya dan tradisi lokal

Sejarah mengenai kuntilanak pun pernah di teliti oleh seorang antropolog asal jerman Timo Duile. Peneliti tersebut mempublikasi jurnal berjudul ” Kuntilanak : Ghost Narratives and Malay Modernity in Pontianak, Indonesia. “

Timo berkata bahwa kuntilabnak bukan hanya menjadi ikon di budaya indonesia tetapi beberapa negara di bagian asia tenggara. Seperti Singapura, Brunei , malaysia bahkan Thailand hinnga bagian selatan filipina.

Di negara Malaysia dan Singapura, terdapat juga hantu Kuntilanak. Namun dengan sebutan yang berbeda disebut Pontianak yaitu hantu perempuan dengan ciri seperti vampir. Memiliki ketertarikan dengan darah dan menargetkan wanita yang sedang melahirkan

Diceritakan dia merupakan mayat hidup yang tidak dapat menemukan kedamaian. ,Memakai pakaian putih dan tinggal dibawah pohon atau hutan.

Kuntilanak memiliki kaitan dengan kota pontianak. Timo menggunakan pendekatan manusia dan roh berdasarkan sudut pandang orang di daerah Pontianak, kalimantan barat dalam penelitiannya.

Disebutkan bahwa pada zaman dahulu kota pontianak didirikan. Dengan menggusur hantu dan mendiami antara sungai kapuas dan landak.

Daerah tersebut dulunya adalah rawa-rawa dan hutan lebat dan ada warga yang mengklaim bahwa nama Pontianak berasal dari bahawa melaku po(ho)n ti(nggi) yang memiliki arti pohon tinggi

Oleh karena sebab itulah kemunculan hantu satu ini kerap di hubungkan dengan adanya pohon tinggi di daerah pedesaan kalimantan barat.

error: Content is protected !!